Eddy Lion, "Olo Itah" Pakar Metodologi Penelitian | Ensiklopedia Profesor Dayak 6

Eddy Lion,profesor, Dayak, metodologi penelitian, UPR, IAKN, Palangka Raya, Google scholar

Profesor Eddy Lion dalam bungkus jubah dan atribut kebesaran seorang profesor. Dok, palangka ekspress.
 
Profesor Dr. Eddy Lion, M.Pd., adalah seorang pakar terkemuka dalam bidang Pendidikan Pancasila dan Metodologi Penelitian di Indonesia, dan saat ini menjabat sebagai Pembina Utama IV-E serta Guru Besar di Universitas Palangka Raya (UPR). 

Baca artikel sebelumnya Rizali Hadi Menjemput Profesor Dari Katingan | Ensiklopedia Profesor Dayak 5

Selain di UPR yang merupakan home base-nya, profesor olo itah (orang kita, orang Dayak) juga aktif sebagai dosen tamu di Program Doktor Institut Agama Kristen Negeri (IAKN). Ia mengajar mata kuliah Metodologi Penelitian.

Google scholar : bukti jejak digital ilmuwan

Di UPR, Prof. Eddy Lion menduduki posisi penting dalam Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan tingkat Sarjana (S-1), dengan fokus utama pada pendidikan dan kewarganegaraan Pancasila. Namun, reputasi akademiknya yang paling dikenal luas adalah dalam Metodologi Penelitian, terbukti dari karya ilmiahnya yang sering dikutip di Google Scholar.

Google Scholar adalah sebuah mesin pencari khusus yang menyediakan akses ke literatur ilmiah yang diverifikasi, seperti artikel jurnal ilmiah, tesis, buku, abstrak, dan makalah konferensi dari berbagai disiplin ilmu. Ini berfungsi sebagai "bukti jejak digital" bagi ilmuwan karena mencatat dan menampilkan jumlah serta sumber-sumber yang mengutip karya-karya mereka. 

Google Scholar memungkinkan para peneliti untuk melihat seberapa sering karya ilmiah mereka dikutip oleh peneliti lain, yang merupakan indikator pengaruh dan relevansi dalam komunitas ilmiah.

Karya ilmiahnya telah dikutip lebih dari 100 kali sejak tahun 2019, mencerminkan pengaruh yang signifikan dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Dengan h-index dan i10-index sebesar 5, prestasi akademiknya mengukuhkan posisinya sebagai pemimpin dalam literatur ilmiah.

Cara mengajar Eddy yang menggali dan interaktif

Pendekatan pengajaran Prof. Eddy Lion terkenal karena mampu membangkitkan dan mengoptimalkan kemampuan pembelajar melalui interaksi yang menarik, menjadikannya favorit di kalangan mahasiswa. 

Kontribusinya tidak hanya memperkaya pemahaman tentang pendidikan Pancasila dan Metodologi Penelitian, tetapi juga mengubah paradigma pendidikan di Indonesia.

Dalam konteks komunitas literasi Dayak, keunggulan tradisional mereka sering tidak tersampaikan secara luas karena minimnya representasi dalam tulisan dan publikasi. Tak syak lagi, Profesor Eddy Lion adalah salah satu tokoh terkemuka di kalangan Dayak yang menguasai metodologi penelitian dengan baik. 

Keahliannya tidak hanya memberikan kerangka kerja yang sistematis dan ilmiah, tetapi juga membantu memperluas pemahaman dan publikasi tentang kebudayaan serta kearifan lokal Dayak.

Eddy Lion aktif membantu para peneliti Dayak agar dapat menghasilkan penelitian berkualitas dan mempublikasikan hasil-hasil mereka secara efektif. 

Dengan demikian, mereka dapat meningkatkan representasi dan pengaruh dalam berbagai bidang, serta menjaga serta memperkaya warisan budaya Dayak secara lebih mendalam dan substansial.

-- Rangkaya Bada

LihatTutupKomentar
Cancel