Sekda Buka Gawai Adat Nyapat Tahun XIII Simpang Hulu

Patih Jaga Pati, Kerajaan Hulu Aik, Alexander Wilyo,Gawai Nyapat Tahun

 

Ucapan elamat dari Patih Jaga Pati Laman Sembilan Domong Sepuluh Kerajaan Hulu Aik, Alexander Wilyo, S. STP., M. Si.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ketapang, yang juga Patih Jaga Pati Laman Sembilan Domong Sepuluh Kerajaan Hulu Aik, Alexander Wilyo, S. STP., M. Si. dijadwalkan membuka secara resmi Gawai Nyapat Tahun XIII Kecamatan Simpang Hulu di Rumah Batang Raya, Dusun Pasir, Desa Semandang Kiri, Sabtu (6/7/2024). 

Gawai Nyapat Tahun XIII

Pembukaan Gawai Nyapat Tahun ke-13  tersebut akan dimulai dengan acara pengalungan selendang kepada 5 tamu utama, dilanjutkan dengan pemotongan bambu oleh Sekda Ketapang. Petugas ritual penyambutan kemudian menanpong tawar Sekda serta para tamu/undangan. Sekda beserta tamu/undangan kemudian disambut dengan tarian penyambutan tamu. 

Setelah itu dilanjutkan dengan acara ngalu (menyambut tamu secara adat). Pada saat ngalu ini, Sekda beserta tamu/undangan disuguhi aneka minuman seperti tuak, susu, air kelapa dan air putih yang disajikan dengan pamponoh (cawan yang dibuat dari bambu). Aneka minuman tersebut disuguhi oleh para petugas berpakaian adat. Perugas penyambut tamu ini berpasangan,  berdiri, berbaris, dan saling berhadapan sembari menyuguhkan pamponoh kepada setiap tamu/undangan.

Usai ngalu, dilanjutkan dengan acara inti ritual Nyapat Tahun. Pada saat acara ini, 5 orang dukun duduk di jurong (tempat menyimpan padi yang biasa disebut lumbung). Sekda sebagai Patih Jaga Pati, Raja Hulu Aik ke-51 dan 6 orang tamu lainnya duduk di balai (tempat pemberhentian tamu khusus yang terbuat dari bambu). Sedangkan tamu/undangan lainnya duduk di bawah tenda.

Pada saat prosesi nyapat tahun ini, para dukun terlebih dahulu mengadakan ritual baibu jurong (doa secara adat untuk menaiki lumbung dan memasukkan padi ke dalam lumbung). Usai baibu jurong, Patih Jaga Pati, Raja Huli Aik ke-51 serta 6 tamu khusus lainnya secara bergiliran menaikkan jurong, sembari memasukkan tangkai-tangkai padi yang diikat dan macam-macam hasil pertanian lainnya ke dalam lumbung.  

Setelah menaikkan padi ke dalam lumbung, Sekda beserta tamu undangan menari mengelilingi jurong, diiringi musik dan lagu Nyapat Tahun.

Usai menari, Sekda beserta seluruh tamu/undangan menuju ke pentas Rumah Batang Raya Simpang Hulu melanjutkan acara pembukaan Gawai Nyapat Tahun. Pada acara ini, Sekda Ketapang, Camat Simpang Hulu, Ketua DAD Kabupaten, Ketua DAD Provinsi Kalimantan Barat dan Ketua Panitia akan menyampaikan kata sambutan. Sambutan terakhir adalah Sekda Ketapang, mewakili Bupati Ketapang menyampaikan sambutan, sekaligus membuka secara resmi Gawai Nyapat Tahun XIII Simpang Hulu. 

Diisi berbagai perlombaan seni budaya

Sekda Ketapang pun berharap agar seluruh rangkaian kegitatan Gawai Nyapat Tahun XIII Simpang Hulu dapat berjalan sukses, lancar, aman, tertib, tanpa kendala sesuai rencana, sesuai dengan roundown yang telah dibuat oleh panitia. 

Gawai Nyapat Tahun XIII Simpang Hulu yang dijadwalkan berlangsung dari tanggal 6 – 13 Juli akan dimeriagkan dengan berbagai perlombaan seperti lomba lagu, lomba menganyam, lomba menumbuk padi dan berbagai permainan tradisional.

-- Thomas Tion

LihatTutupKomentar
Cancel