Sekda Ketapang, Alexander Wilyo Buka Secara Resmi Patih Jaga Pati Cup

Alexander Wilyo, Patih Jaga Pati Cup, Ketapang, HUT RI,

Pembukaan Patih Jaga Pati Cup oleh Patih Jaga Pati.


PATIH JAGA PATI - KETAPANG, Kalbar: Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ketapang, sekaligus Patih Jaga Pati Laman Sembilan Domong Sepuluh Kerajaan Hulu Aik, Alexander Wilyo, S. STP., M. Si. membuka secara resmi Patih Jaga Pati Cup, di halaman Kepatihan Jaga Pati, Jumat (16/8/2024). 

Dalam sambutannya, Sekda Ketapang mengatakan bahwa Pembukaan Patih Jaga Pati Cup ini tidak terlalu formal, tetapi dikemas dengan suasana keakraban, kekeluargaan.

HUT RI mesti meriah

“Karena merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan 17 Agustus 2024 ini tidak boleh tegang-tegang. Tetapi harus meriah, semarak. Tahun ini, kita buat agak beda dengan dua tahun yang lalu, yang diadakan dengan sangat sederhana, ” ujar Sekda. 

Tahun ini (2024), tegas Sekda, "Kebetulan untuk menyumpit kebetulan ada fasilitasi dari Dinas Pemuda dan Olahraga, sehingga tahun ini tinggal menambahkan gaplek, catur, dan remi box." 

“Sebenarnya, intinya adalah sumpit. Kalau sumpit itu diadakan setiap tahun. Karena, sumpit ini adalah salah satu senjata tradisionaltradisional bangsa kita. Kalau tidak kita lestarikan, bisa saja suatu saat nanti sumpit ini tinggal cerita. Jadi, tujuannya adalah melestarikan tradisi yang pernah muncul dalam sejarah perjuangan bangsa. Sumpit sungguh luar biasa. Kearifan lokal yang harus dipertahankan,” tutur Sekda. 

Patih Jaga Pati Cup 

Patih Jaga Pati Cup ini berlangsung dari tanggal 16 – 18 Agustus 2024.

Pada Patih Jaga Pati Cup 2024 ini, selain sumpit, akan dipertandingkan juga catur, gaplek, dan remi box. 

Semarak dan sambutan antusias peserta pembukaan Patih Jaga Pati Cup ini.

Pembukaan Patih Jaga Pati Cup ditandai dengan menyumpit balon secara bergiliran oleh para tamu VIP. 

Pembukaan Patih Jaga Pati Cup dihadiri antara lain yang mewakili Kapolres, yang mewakili Dandim 1203/Ketapang, Kajari, Danlanal, Kadis Pendidikan, Kadis Budpar, Kasat Pol PP, Camat Delta Pawan, Kabag Prokopim, Ketua Aliansi Jurnalis Ketapang (AJK), Lurah Sukaharja.

-- Thomas Tion

LihatTutupKomentar
Cancel